Hubungan Perilaku Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rs. St. Theresia Jambi
Abstract
Caring dalam keperawatan adalah sebagai inti dari praktik keperawatan professional, dimana pengetahuan teoritis saja tidak cukup, namun harus disertai dengan pengetahuan diri dan kesadaran akan nilai diri sendiri serta sikap orang lain yang akan bertanggung jawab untuk tidak membawa seseorang dalam penderitaan. Kepuasan pasien merupakan sebuah perasaan yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan apa yang didapatkan dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk ingin mengetahui hubungan antara perilaku caring perawat pasien di Rumah Sakit St. Theresia Jambi dengan tingkat kepuasan responden. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di ruang rawat inap Rumah Sakit St. Theresia Jambi pada bulan Juni-Juli 2022 dengan jumlah sampel 90 responden. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kepuasan adalah instrumen PSQ, sedangkan perilaku caring perawat oleh pasien diukur dengan Kuesioner Caring Perawat (Ellina, 2019). Kedua instrumen ini dimodifikasi ulang dan diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum digunakan dalam pengambilan data. Penelitian ini menggambarkan bahwa bahwa sebagian besar responden (61 orang atau sekitar 67,8%) menilai bahwa perilaku caring perawat di Rumah Sakit St. Theresia sudah baik, 25 orang (27,8%) menilai cukup, 4 responden (4,4%) menilai masih kurang. Hasil gambaran kepuasan pasien, didapatkan 45 orang atau 50% mengaku sangat puas, 36 orang atau sekitar 40% mengaku puas, serta 4 orang (4,4%) dan 5 orang (5,6%) menyatakan tidak puas dan cukup puas terhadap pelayanan perawat di sana. Uji korelasi menggunakan Pearson, didapatkan hasil bahwa P = 0,000 atau terdapat korelasi antara caring perawat dengan kepuasan pasien dengan derajat hubungan korelasi sedang yaitu 0,597 dan berbentuk positif. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa perilaku caring perawat mempengaruhi kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit St. Theresia Jambi. Semakin tinggi nilai caring perawat, maka semakin tinggi pula kepuasan pasien.
References
Aini, N. (2018). Teori Model Keperawatan. Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.
Alsufyani, Abdulaziz M., Aldawsari, Abdulaziz A., Aljuaid, Sayer M., Almaki, Khalid E., Alsufyani, Yasir M. (2020). Quality of nursing care in saudi arabia: are emphaty, advocacy and caring importance attributes for nurses. Nurse Media Journal of Nursing, 10 (3), 2020, 244-259. DOI: 10.14710/nmjn.v10i3.32210.
Anjaryani, W.D. 2009. Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.
Budiono. (2016). Konsep dasar keperawatan. Jakarta Selatan. Pusdik SDM Kesehatan.
Coleman, Phil. (2021). Validity and reliability within qualitative research in the caring sciences. International Journal of Caring Sciences, Volume 14, Issue 3, 2014-2045.
Dahlan, M. S. (2015). Statistik untuk kedokteran dan kesehatan. Epidemiologi Indonesia. Jakarta.
Ellina A.D., Kusnanto., Adiutama.N.M., Sismulyanto., Rusmawati. 2019. Evaluation of patient satisfaction and nurse caring behaviour: based on swanson’s theory. DOI: 10.5958/0976-5506.2019.02277.0.
Firmansyah, C.S., Noprianty, R., Karana, I. 2019. Perilaku caring perawat berdasarkan teori jean watson di ruang rawat inap. Jurnal Kesehatan Vokasional. Vol. 4 (1). DOI https://doi.org/10.22146/jkesvo.40957
Gurusinga. R. 2013. Perilaku caring perawat dan kepuasan pasien rawat inap. Universitas Sumatera Utara. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/42782.
Hayat, N., Rahmadeni, A.S., Marzuki. 2020. Hubungan caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit harapan bunda kota batam. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. Volume 5 (1): 248 - 288.
Karaca, Anita & Durna, Zehra. (2019). Patient satisfaction with the quality of nursing care. DOI: 10.1002/nop2.237. Retrieved from wileyonlinelibrary.com/journal/nop2.
Kurdanti W., Hadi H., Juffrie M., 2004. Hubungan kadar serum albumin awal dengan lama rawat inap dan status pulang pasien dewasa di rumah sakit. Jurnal Gizi Klinik Indonesia Volume 1 No. 1 Hal 19-25
Kusnanto. (2019). Perilaku caring perawat profesional. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan Universitas Erlangga (UAP).
Lesmana, I.S. 2021. Hubungan caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Pangkalan Bun: Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan Borneo Cendekia Medika.
Marfiani, R., Pujasari, H. 2015. Karakteristik subjektif tidur klien rawat inap dewasa di rumah sakit x depok. Jurnal Keperawatan Indonesia. Volume 18 (3) : 149-156.
Martensson, Sophie., Hodges, Eric A., Knutsson, Susanne., Hjelm, Carina., Brostrom, Anders., Swanson, Kristen M., & Bjork, Maria. (2020). Caring behaviour coding scheme based on swanson's theory of caring - development and testing among undergraduate nursing students. Scandinavian of Caring Sciences. DOI: 10.111/scs.12927. Retrieved from http://urn.kb.se/resolve?urn=urn:nbn:lnu:diva-99615
Muller, R., Buttner, P. (2013). An introduction to practical biostatistics in medicine and public health. Townsville: James Cook University Press.
Mutiara, Y., Priyoggo, N.I. 2022. Gambaran perilaku caring perawat berdasarkan persepsi pasien pada masa pandemi covid19 di rsu kota pekalongan. Universitas Muhammadiyah Gombong: Pekajangan Pekalongan.
Nsiah, C, Siakwa, M, Ninnoni, JPK. 2020. Barriers to practicing patient advocacy in healthcare setting. Nursing Open.7: 650– 659. https://doi.org/10.1002/nop2.436
AS Edision. 2010. Oxford advanced learner′s dictionary. Oxford: Oxford University Press.
Potter & Perry, (2009). Fundamental of nursing fundamental keperawatan, Buku 1 Edisi 7, Editor Dripa sjabana, Salemba Medika, Jakarta
Potter, P.A, Perry, A.G. Buku ajar fundamental keperawatan: konsep, Proses, dan Praktik. Edisi 4. Volume 2. Alih Bahasa: Renata Komalasari, dkk. Jakarta: ECG. 2005.
Pragholapati, A., Gusraeni, S.A.D. 2021. Gambaran perilaku caring perawat di rumah sakit. Jurnal Keperawatan Srwijaya. Volume 8 (1): 42-55.
Purwaningrat, N.M.M.D., Januraga, P.P., Indrayathi, P.A. 2017. Hubungan karakteristik pasien terhadap tingkat kepercayaan atas pelayanan yang diberikan oleh dokter residen di ruang rawat inap rumah sakit umum pusat sanglah denpasar tahun 2017. Arc. Com. Health. Vol 4 (2) : 1-9.
Putri, Evita Muslima Isnanda. (2020). Sistem penilaian kinerja perawat pelaksana berbasis carinng. Banyumas: Pena Persada.
Simanjuntak, Imelda. (2018). Analisis pelaksanaan metode penugasan perawat primer dan kepuasan pasien di Rumah Sakit. Thesis. Universitas Sumatera Utara. https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/22346/147046014.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Sugiyono, P. D. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung: ALFABETA
Suryawati, Chriswandani. (2004). Kepuasan pasien rumah sakit (tinjauan teoritis dan penerapannya pada penelitian). JMPK Vol.07/No. 04/Desember/2004, 189-194.
Suprajitno., Sari, Yeni Kartika., Anggraeni, Elizabeth Niken Budi. (2020). Relationship of Nurse Caring Behaviour with Patient Satisfaction at The Emergency Department of Catholic Hospital of Budi Rahayu Blitar. Jurnal NERS dan Kebidanan, 1-5. DOI: 10.26699/jnk.v7il.ART.p.001-005.
Wirentanus, Lalu. (2019). Peran dan wewenang perawat dalam menjalankan tugasnya berdasarkan undang-undang no. 38 tahun 2014 tentang keperawatan.
Wuwung, Edgar Ch. Q., Gannika, Lenny., Karundeng, Michael. (2020) Perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien. Jurnal Keperawatan Volume 8 No. 1 (Februari 2020). 113-120.
Yang. Jenny (2021, nov 26). Level of satisfaction with national health systems worldwide as of 2019, by country. Retrived from https://www.statista.com/. Accessed April 2, 2022
Copyright (c) 2023 Carolus Journal of Nursing

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.