Hubungan Minat, Sumber Informasi Dan Lingkungan Belajar Dengan Pengetahuan Tentang Evidence-Based Practice In Nursing Pada Mahasiswa Sarjana Keperawatan

  • Bobby Tyas Prastyanto Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus Jakarta
  • Fitriana Suprapti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus Jakarta
  • Fulgensius Surianto Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus Jakarta
Keywords: Evidence Based, Keperawatan, Mahasiswa, Pengetahuan

Abstract

Evidence-Base Practice in Nursing merupakan metode penerapan cara penanganan terkini pasien oleh perawat dan menjadi sarana peningkatan kualitas perawat dalam menangani pasien. Membudayakan EBPN mulai dari tahap belajar di pendidikan keperawatan sangat penting sehingga perawat terbiasa menginterpretasikannya kedalam praktik keperawatan. Namun, belum semua mahasiswa dari institusi pendidikan perawat di Jakarta mengetahui tentang EBPN. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan minat, sumber informasi dan lingkungan belajar dengan pengetahuan tentang EBPN pada mahasiswa sarjana keperawatan di salah satu STIKes X di DKI Jakarta berjumlah 150 mahasiswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional menggunakan kuesioner mengenai pengetahuan tentang EBPN yang terdiri dari 41 item.  Penelitian dilaksanakan mulai dari bulan September 2019 sampai Agustus 2020. Hasil penelitian menunjukkan minat responden 52.7% berada pada kategori rendah, sumber informasi responden 55.3% berada pada kategori memadai, lingkungan belajar responden 69.3% berada pada kategori mendukung, pengetahuan tentang EBPN  responden 54.7% berada pada kategori cukup. Hasil analisa bivariat menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara minat (p-value= 0.000), sumber informasi (p-value= 0.016), serta lingkungan belajar (p-value= 0.000) dengan pengetahuan tentang EBPN. Saran untuk tempat penelitian mampu mempertahankan kinerja, bahkan meningkatkan tingkat kategori minat, sumber informasi, lingkungan belajar lebih positif, sehingga tujuan dari membudayakan metode EBPN sejak masa pembelajaran keperawatan untuk menghasilkan tenaga kesehatan dapat mengambil keputusan klinis lebih efisien dan terus mengikuti perkembangan jaman (up to date) dapat terwujud.

References

Azmoude, E., Farkhondeh, F., Ahour, M., & Kabirian, M. (2017). Knowledge, practice and self-efficacy in evidence-based practice among midwives in East Iran. Sultan Qaboos University Medical Journal, e66-e73.

Elysabeth, D., Libranty, G., & Natalia, S. (2015). Hubungan Tingkat Pendidikan Perawat Dengan Kompetensi Aplikasi Evidence Based Practice. Skolatik Keperawatan.

Febriansyah, S. (2015). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Wonosobo Tahun Ajaran 2014/2015.

Harjali. (2019). Penataan Lingkungsn Belajar: Strategi Untuk Guru di Sekolah. Malang: CV Seribu Bintang.

Ikhlasiah, M., & Yulianita, S. (2016). HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN TEORI DENGAN PRAKTIK LABORATORIUM ASUHAN PERSALINAN NORMAL. DINAMIKA UMT, 10-33.

Ikhwani, Kusuwati, & Afandi. (2018). Pengaruh Evidence Based Practice Terhadap Critical Thinking Mahasiswa. Naskah Publikasi Program Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Khalili, R., Khaghnizadeh, M., Nir, M., & Noori, J. (2015). Evidence-Based Nursing Education: A Scoping Review. International Journal of Medical Reviews, 273-277.

Klassen, S., & Klassen, C. (2014). The Role of Interest in Learning Science Through. Interchange, 1-19.

Leach, M. J., Hofmeyer, A., & Bobridge, A. (2016). The Impact of Research Education on Student Nurse Attitude, Skill and Uptake of Evidence-based Practice: A Descriptive Longitudinal Survey. Journal of Clinical Nursing, 194-203.

Melnyk, B. M., Gallagher-Ford, L., & Thomas, B. K. (2016). A Study of Chief Nurse Executives Indicates Low Prioritization of Evidence-Based Practice and Shortcomings in Hospital Performance Metrics Across the United States. Worldviews on EvidenceBased Nursing, 6-14.

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan . Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmayanti, E. I., Kadar, K. S., & Saleh, A. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kesiapan Perawat Dalam Melaksanakan Evidence Based Practice (EBP): A Literature Review. P-ISSN: 2086-3071, E-ISSN: 2443-0900 Vol.10, 26-37.

Romney, Marshall, B., & Steinbart, P. J. (2015). Accounting Information System. England: Pearson Education Limited.

Sha, L., & Schunn, C. (2016). Families Support Their Children's Success in Science Learning by Influencing Interest and Self-Efficacy. Journal of Research in Science Teaching, 450-472.

Utami, D., & Ernawati, T. (2017). Hubungan antara Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar IPA. NATURAL: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN IPA, Volume 4 No.1, 18-25.

Yuliani, R. (2018). Hubungan Sumber Informasi dengan Tingkat Pengetahuan dan Sikap tentang HIV/AIDS pada Siswa SMA N 1 Gamping
Published
2022-05-31
Section
Articles