Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi Pada Remaja Putri di SMP X Tumbang Titi Kalimantan Barat
Abstract
Mayoritas remaja putri yang berisiko tinggi mengalami infeksi saluran reproduksi karena perilaku hygiene yang kurang ketika menstruasi, lingkungan tidak bersih, dan penggunaan pembalut yang kurang sehat ketika menstruasi. Ibu berperan sebagai sumber informasi bagi anak perempuan tentang bagaimana mengelola kebersihan dan kesehatan menstruasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan ibu tentang manajemen kebersihan menstruasi pada remaja putrid di SMP X Tumbang Titi. Metode penelitian menggunakan desain deskriptif analitik, sampel penelitian 90 responden dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan link google form. Hasil penelitian mayoritas responden berusia 36-45 tahun (46.7%), pendidikan SD (36.7%), tidak bekerja (58.9%) dan tingkat pengetahuan baik (71.1%). Pengetahuan remaja putri terkait Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) tentang cara mengelola menstruasi secara bersih dan sehat sudah baik dan perlu ditingkatkan dengan menyediakan media atau flyer terkait informasi tentang MKM.
References
Adri, R. F., Andriyani, L., Febria, C., Haninda, P., Maryona, K., Nugrahmi, M. A., et al. (2022). EDUKASI TENTANG MENSTRUASI PADA REMAJAPUTRI DIPANTI ASUHAN AISYIYAH. Jurnal Salingka Abdimas, Volume 2 No. 1 , 111-114.
Budiman, & Agus Riyanto. (2014). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
Batubara, R., & Siregar, H. (2021). Edukasi Kesehatan Tentang Menstruasi dan Permasalahannya Di SMA N 5 Padangsidimpuan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA) Vol. 3 No. 3 .
Hastuti, Dewi, R. K., & Pramana, R. P. (2019). Studi Kasus Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) Siswa SD dan SMP di Indonesia. The SMERU Research Institute.
House, S., Mahon, T., & Cavil, S. (2012). Menstrual hygiene matters- A resource for improving menstrual hygiene around the world. London, UK: WaterAid.
Kemendikbud. (2017). Panduan Manajemen Kebersihan Menstruasi Bagi Guru dan Orang Tua.
Khoirunnisa, R., & Kurniawati, H. F. (2018). Gambaran Pengetahuan Orang Tua tentang Personal Hygiene saat Menstruasi Pada Siswi Tunagrahita Ringan Di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta.
KPPPA. (2019). Profil Perempuan Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Kumalasari, I., & Andhyantoro, I. (2012). Kesehatan Reproduksi Untuk Mahasiswa Kebidanan dan Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Liliweri, A. (2013). Dasar-dasar Komunikasi Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. (2011). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta: Salemba Medikal.
Pythagoras, K. C. (2017). Personal Hygiene Remaja Putri Ketika Menstruasi. Jurnal Promkes, 5(1), 12–24.
Sudarno, H. A., & Yati, D. (2019). Hubungan Pendidikan Orang Tua dengan Tingkat Kemandirian Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Remaja Dengan Intelectual Disability. Journal of Holistic Nursing Science (JHNS), 6(1), 13–21.
UNICEF. (2012). Meeting Report of the JMP Post-2015 Global Monitoring Working Group on Hygiene. Washington DC.
Wulandari, P., Kustriyani, M., & Tadkiroh, A. (2016). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Tingkat Kemandirian Remaja Putri yang Mengalami Retardasi Mental dalam Personal Hygiene saat Menstruasi di SLB N Kendal. MUSWIL IPEMI Jateng, 14–23.
Copyright (c) 2022 Carolus Journal of Nursing

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

