TINGKAT ADIKSI GAME ONLINE PADA MAHASISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA

  • Grace Christine Monalisa Damanik Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Advent Indonesia
  • Denny Paul Ricky Dosen Keperawatan Jiwa Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Advent Indonesia
Keywords: Adiksi, Asrama, Game Online, Mahasiswa

Abstract

Bersekolah di sekolah berasrama dan jauh dari pengawasan langsung orang tua dapat membuat mahasiswa kecanduan bermain game online. Hal ini dapat berdampak negatif pada mahasiswa seperti prestasi akademik yang menurun dan menunda-nunda tugas perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kategori adiksi game online di universitas swasta X berasrama di Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan variabel yaitu kategori adiksi game online. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 116 orang
mahasiswa yang tinggal di asrama dan menggunakan teknik Random Sampling. Kuesioner yang digunakan adalah Indonesian Online Game Addiction Questionnaire yang berisi tujuh pertanyaan. Analisis univariat digunakan untuk melihat kategori adiksi game online pada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori adiksi game online pada mahasiswa di universitas swasta X Bandung adalah dalam kategori tidak terindikasi adiksi game online. Faktor budaya sekolah berasrama, teman, pengawasan orang tua, banyaknya waktu luang mahasiswa menjadi beberapa faktor yang diduga memberikan kontribusi pada adiksi game
online pada mahasiswa. Promosi kesehatan untuk mencegah dampak negatif dan adiksi game online perlu diberikan kepada mahasiswa sehingga mahasiswa dapat dengan bijaksana bermain game online.

Published
2020-05-31
Section
Articles