IMPLEMENTASI TELENURSING DALAM PRAKTIK KEPERAWATAN : STUDI LITERATUR

  • Maria Franciska Vianney Boro Mahasiswa Magister Keperawatan Kepemimpinan dan Manajemen, Universitas Indonesia
  • Rr. Tutik Sri Hariyati Dosen Keperawatan dan Keperawatan Dasar, Universitas Indonesia
Keywords: Asuhan Keperawatan, Kepuasan pasien, Telehealth, Telenursing

Abstract

Pertumbuhan dan kehadiran telenursing di berbagai negara menunjukkan hasil yang baik. Ini terbukti menjadi alat yang efisien untuk membantu negara mengatasi hambatan geografis dan memberikan informasi perawatan kesehatan kepada penduduk. Perawat mempunyai peranan yang penting di dalamnya untuk pemberian asuhan keperawatan agar mencapai tujuan kesehatan pasien yang optimal. Literature review ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi dari penggunaan telenursing melalui pemberian asuhan keperawatan kepada kepuasan pasien oleh perawat profesional yang terintegrasi secara sistematis dan berfokus pada efektivitas hasil dari aplikatif telenursing itu sendiri. Literature review ini menggunakan PRISMA untuk menggambarkan implementasi penggunaan telenursing terhadap pemberian asuhan keperawatan dan kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukkan telenursing membantu meningkatkan akses yang lebih komprehensif dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Dimana pasien dengan mudah memberikan kabar tentang kondisi kesehatannya setelah proses pemulihan ataupun saat mula terkena sakitnya kepada perawat, yang telah dipercaya dalam memberikan pelayanan kepada pasiennya. Adanya telenursing sebagai pembaharu di bidang
teknologi informasi, komunikasi, memudahkan pemantauan yang memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk mengevaluasi status kesehatan secara jauh, memberikan intervensi pendidikan, atau memberikan perawatan kesehatan.

Published
2020-05-31
Section
Articles